Senin, 29 Mei 2017

[STORY] Langit Berbintang Milik Van Gogh



Setiap orang yang memiliki hobi menggambar biasanya memiliki lukisan/gambar favoritnya.  Saya memang bukan ahli gambar tetapi saya sangat menyukai menggambar disela-sela waktu luang saya dan menyukai gambar-gambar ilustrasi maupun mural yang bertebaran saat ini.  Namun ada satu lukisan yang merupakan lukisan favorit saya dari dulu yang mana lukisan ini menyimpan sejuta cerita saat dilihat, lukisan tersebut adalah “Starry Night - (1889)" karya dari Vincent Van Gogh.


Vincent Willem Van Gogh atau lebih dikenal dengan Vincent Van Gogh adalah seorang pelukis yang lahir tanggal 30 Maret 1853 dan wafat tanggal 29 Juli 1890 adalah pelukis pasca-impresionis Belanda.  Dari biografi tentang Van Gogh yang saya baca dari berbagai sumber bisa saya simpulkan bahwa Van Gogh bukanlah seorang pelukis dengan pola pikir yang penuh dengan kebahagiaan.  Van Gogh adalah seorang pelukis yang dikenal dengan sifat muram, mudah gelisah namun berpengetahuan luas.  Terbentuk dari lingkungan miskin, berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dan segala kejadian yang dialaminya membuat lukisan-lukisannya kebanyakan menggambarkan kesedihan yang terbingkai dalam keindahan tiap goresan lukisan yang dibuat olehnya.  Akhir hidupnya pun berakhir tragis, Van Gogh menembak dirinya sendiri setelah sebelumnya mengalami depresi berat dan dirawat disebuah Rumah Sakit Jiwa.  Dan “Starry Night” merupakan salah satu karya yang dibuat saat berada di Rumah Sakit Jiwa tersebut ditengah depresi yang dialaminya.


Mungkin sebagian orang merasa aneh karena saya bisa menyukai lukisan dari seorang pelukis yang memiliki kepribadian yang berakhir di RS Jiwa, namun bagi saya lukisan “Starry Night” ini menggambarkan banyak hal saat dilihat, dan tidak hanya sekedar pemandangan malam biasa. Depresi, kesedihan, harapan, keindahan, kehampaan, dan perasaan campur aduk lainnya *berlebihan kah saya??photo yoyo125_zps3g5xtbnb.gif*  Namun yang paling menarik dari lukisan ini adalah motif pusaran pada langit yang dibuat oleh Van Gogh.  Saya membayangkan bagaimana seorang Van Gogh dengan segala kemuramannya mengekspresikan sebuah pemandangan malam dengan gambaran langit ‘milik Van Gogh’ saat itu, pusaran-pusaran tersebut pun digambarkan bagai nyaris menelan bintang-bintang serta bulan yang dilukisnya.  Langit yang dilukis olehnya menggambarkan berbagai kerumitan yang menari-nari di dalam kepala Van Gogh, pusaran-pusaran yang dilukisnya seolah-olah menggambarkan serumit dan sedepresi apa dirinya saat itu.  Ya, itulah salah satu ‘keunikan’ yang saya dapat dalam lukisan ini, tidak ada kebahagiaan walaupun pada nyatanya lukisan ini terlihat indah.  Lukisan ini sendiri dikabarkan disimpan di Museum of Modern Art, New York.  Lukisan-lukisan Van Gogh sendiri memiliki 'nilai' dan mulai diburu oleh kolektor justru saat sang pelukis telah meninggal dunia.  

Banyak orang yang melukis dan mengekspresikan kembali lukisan “Starry Night” dengan cara mereka masing-masing namun pastinya tak akan sama dengan pelukis aslinya, sang maestro Vincent Willem Van Gogh karena tak akan mungkin mereka melukis “Starry Night” dengan suasana hati dan pikiran seperti yang dialami Van Gogh saat melukis “Starry Night” miliknya.

Demikian singkat cerita tentang lukisan favorit saya dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi maupun data.  Untuk lukisan-lukisan Van Gogh lainnya bisa klik disini .  Terima kasih photo yoyo141_zpsj5wodzll.gif.



Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Vincent_van_Gogh
http://www.biografiku.com/2011/08/biografi-van-gogh-sang-pelukis-terkenal.html
berbagai sumber lainnya.

1 komentar:

  1. Lukisan Van Gogh memang keren.
    Apa kata Vincent Van Gogh tentang pemotongan kupingnya sendiri ?
    Dapatkan jawabannya di dalam wawancara dengan Vincent (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/11/wawancara-dengan-vincent.html

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya dan terima kasih tidak menjadi 'silent reader' :D